Posted by : Sara Amijaya Friday 11 October 2013

Judul buku : Ajarkan anak keterampilan hidup sejak dini
Penerbit     : Elex Media Komputindo
Penulis       : Euis Sunarti, Rulli Purwani
Tahun terbit : 2005
ISBN          : 979-20-7261-6

Sinopsis buku:

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik bagi anaknya, namun terkadang kehabisan ide dalam mengantarkan anaknya memiliki keterampilan hidup. Buku ini berisi kiat-kiat mengajarkan keterampilan hidup sejak dini, hadir membantu orang tua dalam mendapatkan ide dan memantapkan pengasuhan kepada putra-putrinya.
--------------------------------------

Bagi anak-anak bermain adalah kegiatan yang serius, karena melalui bermain anak-anak tumbuh dan berkembang menjelajahi dunia. Bermain juga berfungsi meningkatkan kematangan berbagai fungsi organ tubuh, memenuhi perkembangan motorik, kognitif, sosial-emosional, dan kepribadian anak. Karena masa kanak-kanak merupakan masa bermain yang menyenangkan, maka  seyogyanya pembelajaran di usia kanak-kanak pun harus menyenangkan pula.


Buku ini menekankan perlunya pembelajaran mengenai keterampilan hidup yang seyogyanya dimulai sedari dini namun dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan. Di dalamnya terdapat sekitar 50 permainan yang kesemuanya akan melatih keterampilan kognitif, emosional, dan social anak.

Permainan yang tampaknya sederhana ini ternyata memiliki manfaat yang mungkin sebelumnya tidak disadari si anak maupun orang tuanya.  Seperti permainan “bayangkan dan simpulkan”,  “dengar dan ingat”, “lihat dan ingat”, “cium dan ingat”, “raba dan ingat”. Permainan-permainan tersebut melatih daya ingat anak dengan memperbesar kapasitas penerimaan rangsangan, kemudian anak belajar menganalisa dan mengambil keputusan.

Ada pula permainan tebak emosi yang bertujuan melatih anak untuk sensitive terhadap perasaan orang lain, bagian ini dilengkapi dengan kartu emosi yang menarik.

Kesemua permainan  yang dicontohkan dalam buku ini benar-benar permainan sederhana yang langsung bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dilengkapi dengan tujuan permainan, uraian kegiatan permainan, dan kolom untuk catatan orang tua terhadap reaksi anak setelah memainkan permainan tersebut.


Benar-benar sebuah buku yang layak dimiliki oleh para orang tua untuk mendampingi tumbuh kembang anak-anak tercinta.

-------------------------------------------
Tulisan ini dibuat untuk ikut meramaikan ProjectBattle Challenge #31HariBerbagiBacaan

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -