Posted by : sarah amijaya Friday, 8 March 2019

Pernahkah anda merasa begitu sibuk, hingga 24 jam dalam sehari tidaklah mencukupi untuk menyelesaikan semua urusan anda? Di lain sisi anda menemukan banyak orang yang bersantai-santai atau bahkan menyia-nyiakan waktu mereka. Tentu kita merasa gemas dan mungkin berpikir seandainya bisa membeli saja waktu mereka yang tersia-sia tersebut.
Syaikh Ali Thantawi dalam kitab beliau “Dzikrayaat” mengisahkan tentang seorang ulama besar bernama Jamaludin Al-Qasimi.
Suatu ketika beliau ini melewati sekumpulan anak muda yang sibuk berfoya-foya dan menghabiskan waktu mereka dalam maksiat. Melihat keadaan seperti itu, Syaikh Jamaludin Al-Qasimi lantas berkata,
Andai saja waktu itu bisa dijual dan dibeli, sungguh akan kubeli waktu mereka...”
Ucapan tersebut terlontar karena beliau menyayangkan waktu yang berlalu tanpa kebermanfaatan. Beliau menghabiskan 50 tahun usianya dan telah menulis sekitar 80 kitab, di antaranya adalah Mahaasinut Ta’wiil, kitab tafsir setebal tujuh belas jilid. Beliau mengisi hari-harinya dengan mengajarkan ilmu dan menulis buku.
Anda bisa bayangkan, dalam setahun berapa buku yang beliau tulis. Inilah Syaikh Jamaluddin Al-Qasimi. Salah satu ulama yang demikian menghargai waktu. Sungguh beliau memiliki umur yang diberkahi, kehidupan yang bermanfaat, dan ilmu yang diajarkan sehingga menjadi amal jariyah yang insyaallah pahalanya masih terus mengalir hingga saat ini. Masyaallah, Semoga Allah merahmati beliau.
Betapa meruginya orang yang menyia-nyiakan waktu. Bagaimanapun kita memohon dan berusaha sesungguhnya waktu tak mungkin kembali. Semoga waktu kita terhabiskan dalam kebermanfaatan dan keberkahan.
Mari tanyakan pada diri kita, kita pergunakan untuk apa waktu hidup yang kita miliki!

Sumber Gambar: zilbest.com/featured/karena-kita-akan-selalu-diburu-oleh-waktu/

Sumber Gambar: farahazzahra1903.blogspot.com/2016/02/gunakan-waktu-sebaik-mungkin-waktu.html
Sumber Referensi: muslimah.or.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -