Posted by : Sara Amijaya Friday, 8 March 2019

Dari sahabat Abu Hurairah, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Sungguh, aku telah melihat seorang laki-laki yang tengah menikmati kenikmatan di surga disebabkan ia memotong duri yang berada di tengah jalan, yang duri itu mengganggu kaum muslimin.”
Kisah sahih di atas diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Kitab “Al-Adzan“.
Dalam kisah di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan seseorang yang sedang berjalan di suatu jalan, kemudian menjumpai sebuah pohon yang memiliki banyak duri dan menghalangi jalan kaum muslimin sehingga dapat mengganggu orang-orang yang melewatinya. Kemudian, ia bertekad kuat untuk memotong dan membuangnya dengan tujuan menghilangkan gangguan dari jalan kaum muslimin. Dengan sebab itu, Allah subhanahu wa ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan memasukkan ia ke dalam surga-Nya. Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya sedang menikmati kenikmatan di surga disebabkan amalannya tersebut.
Perhatikanlah, laki-laki tersebut telah beramal dengan amalan yang terlihat remeh tetapi ia diganjar dengan balasan yang teramat besar. Hal itu tidaklah lepas dari rahmat Allah subhanahu wa ta’ala yang maha luas.
Hal lain yang bisa kita pelajari adalah, jika menyingkirkan gangguan di jalan adalah hal remeh yang ternyata berpahala besar bahkan bisa mejadi wasilah rahmat Allah hingga berujung surga, maka menyebabkan gangguan di jalan seperti membuang sampah di jalan yang kita lewati atau enggan menyingkirkan gangguan di jalan yang kita temui bisa saja berakibat dosa dan mencelakakan kita di akhirat kelak.
Jangan meremehkan hal-hal remeh, entah itu perbuatan baik yang terlihat sepele atau perbuatan buruk yang rasa-rasanya tak merugikan banyak orang.
Sungguh, kelak akan datang hari penghisaban dengan hakim Maha Adil yang tak menyisakan satupun perbuatan kita bahkan yang sebesar butiran debu. 
subhanallah...
Semoga kita semakin awas, dan tidak melewatkan kesempatan berbuat kebaikan meski hal yang terlihat remeh sekalipun.

Sumber Gambar: facebook.com/majelis.quran/photos/a.410230757491.188337.237627477491/10155140070602492/?type=3&theater

Sumber Gambar: salamdakwah.com/artikel/3492-keutamaan-menyingkirkan-gangguan-dari-jalan
Sumber Referensi:
Untaian Mutiara Kehidupan Para Salaf, Sholahuddin Abu Faiz bin Mudasim, Pustaka Al Furqon.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -