Posted by : Sara Amijaya Sunday, 18 July 2021

Dari ustadzuna Dr. Syafiq Riza Basalamah hafidzahullah, dikisahkan seorang wanita ingin menyampaikan keluhan terhadap suaminya. 

Wanita ini lalu mengajak sang suami untuk saling menuliskan kekurangan satu sama lain pada sehelai kertas, sebagai bahan evaluasi diri. 

Wanita ini begitu bersemangat menulis kekurangan suaminya, ia mengeluhkan ini, itu, dan sebagainya. Tentu kertas si wanita pada akhirnya terisi penuh. 

Setelah keduanya saling menukarkan kertas, tibalah saat si wanita membaca apa yang dituliskan suami untuknya. Dan ia sungguh terkejut ketika mendapati kertas di tangannya putih bersih. 

Ia bergegas bertanya kepada suaminya, apa maksud dari kertas kosong tersebut. 
Dan tahukan anda apa jawaban sang suami, "Ya, kertas itu memang kosong karena aku menerimamu apa adanya."

MasyaAllah... 

Pada kisah ini aku berkaca, tabiat wanita itu memang bengkok, suka mengeluh dan juga kepo😅. 

Tidak heran jika Rasulullah ﷺ mengingatkan bahwa sebagian besar penghuni neraka itu wanita, bukan karena kurang ibadah, tapi karena sering mengingkari kebaikan suaminya. 

Menghadapi istri dengan segala rupa karakter 'kebengkokan'nya, hendaknya para suami juga berpegang erat pada hadist Rasulullah ﷺ "Janganlah seorang Mukmin membenci wanita Mukminah, apabila ia membenci salah satu perangainya, niscaya dia akan ridha dengan perangainya yang lain."

Coba contoh deh kisah di atas! 
Bayangkan saja jika wanitamu sudah menggebu-gebu mengeluhkan ini itu, trus disuguhi kata-kata tulus begitu, yakin dia nggak lumer? 😆

Pada akhirnya, membangun cinta haruslah menyadari bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan sekaligus kelebihannya. Ketimbang fokus pada kekurangan pasangan yang bikin kita jadi nggak bersyukur, fokus saja pada kebaikan-kebaikannya, meski kamu rasa kecil. 
Kebaikan kecil yang kamu syukuri insyaallah akan membawa banyak kebaikan lainnya. 

Terakhir, aku kutipkan perkataan Imam asy-Syafi’i, “Mata kerelaan itu buta terhadap segala aib sebagaimana mata kebencian membuka keburukan.”

Semoga Allah Ta'ala karuniakan kita samara bersama pasangan halal masing-masing. 

_(Self reminder Jelang 15 tahun bersama)_ 
#ntms #selfreminder #mystory #husbandandwife

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -