Posted by : Sara Amijaya Thursday 12 March 2020

Tak bisa disangkal bahwa setiap orangtua sudah seharusnya memenuhi kebutuhan anak, bukan hanya soal materi tapi yang juga tak kalah penting adalah soal pendidikan, perhatian, dan kasih sayang.
Sebuah peristiwa viral dari Kabupaten Pangkep menghiasi berita beberapa hari terakhir. Seorang siswi SMP berusia 12 tahun, SR mengaku telah diculik. Ia ditemukan di gudang beras milik tantenya dengan keadaan tangan terikat. Saat ditangani kepolisian, ditemukan kejanggalan atas cerita siswi tersebut, hingga penelusuran polisi mengungkap fakta sebenarnya.

SR, tidak benar-benar diculik. Pada awalnya, gadis ini ketakutan setelah menghilangkan sandal milik ibunya. Terlebih adiknya menakut-nakuti akan kemarahan sang ibu, dan sang kakak menyuruhnya pergi dari rumah.
Diselimuti rasa frustasi, SR rupanya juga memendam kekesalan karena tak kunjung dibelikan sepatu oleh orangtuanya. SR pun menjadi nekat ia lari bersembunyi di gudang milik tantenya setelah sebelumnya menenggak 2 tablet Paracetamol, Asam Fenamat, dan Antalgin. Walhasil gadis belia itu jatuh tertidur di dalam gudang beras tersebut.
Saat terbangun, ia mendengar huru-hara keluarga yang panik mencarinya. Pikiran polosnya yang terkontaminasi banyak tayangan FTV dan sinetron tontonannya sehari-hari segera mencetuskan ide khas sinetron, pura-pura diculik. SR lalu mengambil seutas tali dan mengikat tangannya seakan-akan dia diculik. Akhirnya, ia ditemukan tetangga dan mengaku diculik, dibawa pergi melalui mobil Toyota Avanza.

Bagi saya pribadi, kisah ini selayaknya menjadi pelajaran bagi orangtua manapun agar lebih memperhatikan asupan informasi dan tayangan yang menjadi konsumsi anak-anak. Kita telah melihat bagaimana tayangan-tayangan tak mendidik tak mengajari anak-anak kita cara bertanggung jawab dan meminta maaf saat melakukan sebuah kesalahan, namun justru mendramatisasi kondisi untuk menuai simpati.
Sungguh layak jadi renungan bagi setiap orangtua!
----
Sumber Referensi:
kompas.com

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -