Posted by : sarah amijaya Friday, 1 March 2019

Sebagai seorang muslim, tentu kita memiliki cita-cita tertinggi untuk kelak kekal di dalam surga yang kenikmatannya sungguh sangat luar biasa. Ada yang bersungguh-sungguh dan segenap jiwa raga dalam meraihnya, ada pula yang setengah-setengah, bahkan cenderung bermalas-malasan dan acuh tak acuh. Tapi, bisa dipastikan setiap muslim bagaimanapun kondisi keimanannya tentu merindukan surga, yang wanginya bisa tercium dari jarak 70 tahun perjalanan.
Jika surga adalah impian tertinggi setiap muslim, maka tentu kita perlu mewaspadai hal-hal yang bisa menghambat impian tersebut. Tahukah sahabat, ada beberapa orang yang bahkan terhalang dari mencium baunya surga.
Ustadz Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc dalam tulisannya di laman Bimbinganislam.com menyebutkan setidaknya terdapat 10 orang yang tidak bisa mencium wanginya surga.
Siapa sajakah mereka?

Referensi pihak ketiga

1. Orang yang sombong

“Tidak akan masuk ke dalam surga seseorang yang di dalam hatinya ada setitik kesombongan.” HR. Muslim, no. 275

2. Orang yang mencari ilmu akhirat untuk tujuan duniawi

“Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya untuk Allah, namun ia tidak menuntutnya kecuali untuk mencari dunia, maka pada hari kiamat ia tidak akan mendapatkan bau surga.”(HR. Ibnu Majah dishahihkan Al-Albany)

3. Menisbatkan nasab bukan kepada ayahnya

“Barangsiapa mengaku keturunan dari orang lain yang bukan ayahnya sendiri tidak akan mendapatkan bau surga. Padahal bau surga telah tercium pada jarak tujuh puluh tahun, atau tujuh puluh tahun perjalanan.” (HR. Ahmad dishahihkan Al-Albany di Sohihul Jami’5988)

4. Wanita yang berpakaian tapi telanjang

"Dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat; kaum membawa cambuk seperti ekor sapi, dengannya ia memukuli orang dan wanita-wanita yang berpakaian (tapi) telanjang, mereka berlenggak-lenggok dan condong (dari ketaatan), rambut mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan sejauh ini dan ini.” (HR. Muslim, 2128)
Nabi bersabda: “Perempuan yang memakai baju tetapi telanjang, dan dia memandang lelaki lain, dan membuatkan lelaki-lelaki lain terpandang kepadanya, maka perempuan ini tidak akan cium bau surga. Sedangkan bau surga sudah pun boleh dibau dari jarak 500 tahun perjalanan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Referensi pihak ketiga

5. Orang yang menyemir rambutnya, dengan warna hitam

“Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga.” (HR. Abu Daud dishahihkan Al-Albany)

6. Wanita yang minta cerai dari suaminya tanpa alasan

“Siapa pun wanita yang meminta talak pada suaminya tanpa alasan maka bau surga haram baginya.” (Abu Daud dishahihkan Al-Albany, 1187)

7. Orang yang membunuh kafir mu’ahad, dan kafir dzimmy

“Barangsiapa membunuh orang kafir mu’ahad, maka dia tidak akan mencium bau wangi surga” (HR. Bukhari, 3166)
Sabda Rasulullah, “Barangsiapa membunuh kafir zimmi maka tidak akan mencium baunya surga. Sesungguhnya baunya surga itu bisa dicium sejauh perjalanan 40 tahun” (Hadist Riwayat Imam Ahmad disohihkan Al-Albany di At-Tarhib, 2452)

8. Orang-orang yang mendurhakai kedua ibu bapanya, wanita yang berpenampilan menyerupai laki-laki dan dayyuts.

Nabi bersabda: Tiga manusia tidak akan masuk syurga, yaitu orang yang mendurhakai kedua-dua ibu bapanya, perempuan yang menyerupai dan lelaki dan dayyuts (lelaki yang tidak menjaga maruah istrinya)” (HR As-Suyuthi disohihkan Al-Albany di Sohih Al-Jami’, 3542).
Rasulullah bersabda, “Tidak akan masuk syurga orang yang durhaka kepada kedua ibu bapanya, orang yang ketagihan minuman keras dan orang yang suka mengungkit-ungkit pemberiannya” (HR Al-Nasai’ disohihkan Al-Albany di Sohih Al-Jamai’, 3542)

9. Orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan dan laki-laki yang memanjangkan pakaiannya melebihi mata kaki.

Dari Al-Zuhri, Rasulullah bersabda : “Tidak akan masuk syurga bagi yang memutuskan silaturahim”. (HR Muslim).
Sabda Rasulullah, “Baunya surga dapat dicium sejauh perjalanan 1000 tahun. Demi Allah tidak akan menciumnya seseorang yang mendurhaka kepada ibu bapaknya dan orang yang memutuskan tali persaudaraan, orang tua yang berzina, dan orang yang memanjangkan pakaiannya (melebihi mata kaki) karena sombong” (HR At-Tabrani 6/18, bersrendiri periwayatannya Ahmad bin Muhammad bin Thorif)

10. Pemimpin-pemimpin yang berkhianat kepada rakyat.

Dari Hasan meriwayatkan bahwa Ubaidallah bin Ziad ketika tiba ajalnya berkata :“Aku ceritakan padamu sebuah hadis yang aku dengar dari Rasulullah . Baginda bersabda: “Mana-mana pemimpin yang dipilih oleh Allah untuk menjaga rakyatnya, tetapi tidak memberi teladan yang baik kepada mereka melainkan tidak mencium bau syurga” (HR Bukhari,7150)

Referensi pihak ketiga
Nah, Sahabat semoga penjelasan Ustadz Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc ini bisa menambah ilmu dan pemahaman kita. Dengan memahami dan merenunginya semoga menghindarkan kita dari sikap yang demikian.
Sungguh kenikmatan surga adalah kenikmatan luar biasa yang tak pernah bisa kita bayangkan. Maka, tentu jalan untuk meraihnya dipenuhi onak duri yang menjadi ujian keimanan setiap kita.
Semoga kecintaan kita terhadap Allah dan Rasul-Nya semakin menguat dan menjadi asbab curahan rahmat dan kemudahan dari Allah Ta'ala dalam menempuh jalan berliku menuju surga-Nya.
----
Sumber Referensi:
bimbinganislam.com/orang-orang-yang-tidak-bisa-mencium-bau-surga/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -