Posted by : Sara Amijaya Monday 24 August 2020

Sebagai hamba, kita membutuhkan banyak ikhtiar untuk mendapatkan ridho Allah ta'ala hingga selamat dari azab neraka. Kita tak pernah tahu entah amal yang mana yang akan menyampaikan kita ke pintu surga.

Referensi pihak ketiga

Salah satu amalan yang bisa kita lakukan adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam berikut ini. sebuah amalan yang mudah dilakukan namun memerlukan keyakinan yang kuat.

Ustadz Ammi Nur Baits melalui laman konsultasisyariah.com menjelaskan dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam berkata:

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’

Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” 

Lebih lanjut Ustadz Ammi Nur Baits menjelaskan bahwa dalam riwayat ini tidak disebutkan sebuah teks doa khusus, sehingga kita bisa meminta surga dengan kalimat permohonan apapun. Termasuk dengan bahasa yang kita pahami, semisal 'Ya Allah, aku memohon surga', atau 'Ya Allah, lindungilah aku dari neraka'.

Kita bisa pula membacanya kapanpun dan dimanapun, khususnya di waktu-waktu mustajab. Adapun batasan angka, yakni 3 kali maknanya untuk mendapatkan keutamaan itu, kita baca minimal sebanyak 3 kali, dan maksimal tanpa hitungan.

Semoga kita bisa mengamalkannya dan memperbanyak doa ini dalam keseharian kita.

Referensi pihak ketiga


Sumber Referensi:

konsultasisyariah.com

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -