Posted by : Sara Amijaya Saturday 16 November 2019

Di salah satu topik diskusi Quora yang saya ikuti, naik sebuah pertanyaan "Bagaimana kamu mengenali seorang yang jenius dengan 3 pertanyaan?"

Saya seketika menyukai jawaban seorang ibu guru dari Kolaka, Sulawesi Tenggara. Ibu ini membawakan kisah tentang seorang pria muda yang datang mengikuti wawancara kerja.
Sang pewawancara memberikan 3 pertanyaan:
  1. Harga asli laptop saya 40.000 Rupee. Bagaimana cara anda menjual laptop saya dengan harga 80.000 Rupee?
  2. Bagaimana anda membuktikan bahwa anda adalah orang yang berani dan percaya diri?
  3. Anda tidak tahu nomor telepon saya sekarang. Bagaimana anda bisa memberitahu saya nomor telpon saya sendiri?

Menghadapi 3 pertanyaan tersebut, sang pemuda kemudian meminta izin melihat laptop sipewawancara dan meminta secarik kertas. Pemuda itu memegang laptop di tangannya aan menuliskan sesuatu di secarik kertas tersebut. Tanpa berkata apapun, pemuda itu bergegas keluar ruang wawancara dengan membawa serta laptop pewawancaranya.

Pewawancara menunggu sesaat dan dengan kebingungan menemukan bahwa di secarik kertas yang tadi diminta pemuda itu tertulis sebuah nomor telepon. Pewawancara segera mencoba menghubungi nomor tersebut dan menemukan suara si pemuda di seberang sana. "Hey, kemana and apergi dengan membawa laptop saya?" tanya si pewawancara dengan suara bernada emosi.

Dengan santai pemuda tersebut menjawab di telepon, "Jika anda ingin laptop anda kembali, beri saya 80.000 Rupee."

Si pewawancara segera menyadari apa yang terjadi dan mulai tersenyum lebar, "Oke, anda berhasil. Kembalilah ke ruangan saya." katanya seketika.

Saat sudah kembali di ruangan, si pewawancara berkata, "Anda sudah memberi jawaban benar untuk pertanyaan pertama, lantas bagaimana dengan pertanyaan kedua dan ketiga?"

Pemuda itu kemudian mengatakan bahwa ia telah memberikan jawaban ketiga pertanyaan itu sekaligus. "Anda tadi menelpon saya, dan saya sangat bisa menyebutkan nomor ponsel anda sekarang. Adapun soal keberanian dan percaya diri, tidakkah anda melihat saya keluar dari ruang wawancara di tengah-tengah wawncara dengan laptop anda bersama saya. Itu menunjukkan keberanian saya. Dan saya sangat yakin bahwa anda akan menelpon saya, itulah bukti kepercayaan diri saya."
--------------
Pemuda ini menunjukkan kejeniuasannya dengan menjawab 3 pertanyaan dengan hanya melakukan 1 tindakan. Sebuah kemmapuan berpikir cepat dan mengambil keputusan yang tidak semua bisa dilakukan oleh orang lain.

Tentu jika kita ingin berdiskusi lebih lanjut, maka membawa pergi barang orang lain dan mengancam bukanlah tindakan yang dibenarkan. Namun, poin yang disoroti adalah kemampuannya menyelesaikan 3 hal dengan 1 tindakan.

Tentu saja semua orang akan memiliki jawaban dan cara berbeda untuk ketiga pertanyaan tersebut. Bagaimana dengan anda? Apa yang akan anda lakukan?
---


- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -