Posted by : Sara Amijaya Saturday 16 November 2019

Menjadi kaya dan memiliki apapun tak menjamin kehidupan kita akan berjalan sempurna dan bahagia. Ada hal-hal yang bagi kebanyakan orang adalah kebahagiaan sederhana namun sama sekali tak bisa dinikmati oleh sebagian orang yang notabene memiliki banyak harta.

ilustrasi
Sebut saja Pak Jo, usianya di awal 40 tahun. Belum menikah, namun sangat humble dengan orang-orang di sekelilingnya. Ia memiliki beberapa toko sembako yang terbilang sukses, pendapatan bersihnya setiap hari tak kurang dari Rp 30 juta.
Tempat tinggal Pak Jo tak jauh dari kos-kosan yang dihuni para mahasiswa,dan karena keramahannya, Pak Jo bergaul akrab dengan para mahasiswa tersebut. Apa yang membuat para mahasiswa balik menyukainya bukan semata soal keramahannya namun karena hampir setiap hari mereka mendapat kiriman makanan dari Pak Jo.
Tentu makanan lezat dengan aneka lauk yang jauh berbeda dengan menu ala anak kos. Sebagian mahasiswa sudah sangat memahami kebiasaan tersebut, bahwa Pak Jo sama sekali tak bisa menikmati makanan lezat tersebut. Ia hanya akan memakan maksimal 3 suap dan kemudian memberikan semua menu makanannya kepada para mahasiswa yang dekat dengannya.
Suatu hari, Pak Jo menelpon Afif, salah satu mahasiswa yang biasa mendapat hibah makanannya. Pak Jo meminta dijemput di sebuah bangunan tinggi yang ternyata belum selesai. Dengan keheranan Afif datang ke sana dan mendapati Pak Jo dalam keadaan yang tak biasa. Ia tengah mengecat dinding di salah satu ruangan dengan para kuli lainnya.
Melihat Afif, Pak Jo dengan riang mengajaknya segera pergi dan berkata, "Ayo, Fif, kita makan di depan. Aku lapar sekali."
Dan hari itu Afif melihat Pak Jo makan dengan lahap bahkan meminta tambahan porsi makan di warung pinggir jalan dengan menu nasi pecel. Belakangan Afif tahu, pak Jo sengaja melamar pekerjaan berat semacam kuli bangunan untuk merasakan kelelahan maksimal sehingga bisa menikmati makanan yang selama ini tak bisa dirasakannya.
Terkadang menikmati hal-hal biasa adalah kemewahan bagi orang tertentu. Kisah Pak Jo adalah salah satu bukti bahwa kekayaan tidaklah serta merta membuat segalanya menjadi nyaman dan bahagia.
Ada hal-hal yang justru bisa dinikmati hanya setelah kita bekerja fisik dengan sangat keras, dan ini bukanlah apa yang bisa dialami oleh orang-orang dengan kekayaan di seluruh sisi hidupnya.
Apakah sahabat pernah melihat hal serupa? Hal-hal yang justru tak bisa dinikmati oleh orang-orang dengan harta melimpah?
----
Sumber Referensi:
Tanya jawab kehidupan dalam forum Quora

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -