Posted by : Sara Amijaya Monday 21 October 2013

Judul                      : 125 Brain Games for Babies
Penulis                  : Jackie Silberg
Penerjemah           : Wahyuni R. Kamah
Penerbit                : Erlangga
Tahun terbit           : 1999

sinopsis buku:

125 Brain games for babies adalah kumpulan permainan mengasyikkan untuk membangun kapasitas otak bayi yang merupakan bahan bangunan bagi proses pembelajaran masa mendatang. Buku ini juga menunjukkan berbagai kesempatan yang bisa anda temukan setiap harinya untuk mengasah perkembangan otak bayi dari 0 bulan hingga 12 bulan.

-------------------------------------------
“Menyentuh, mendekap, dan menggendong bayi tidak hanya terasa menyenangkan, tapi juga membantu pertumbuhan otaknya “--------------(Hasil riset otak hal 15)

“Kemampuan seorang anak untuk mengendalikan pusat emosi bersandar pada pengalaman dan kasih sayang yang diperolehnya sejak dini”--------------(hasil riset otak hal 16)

Selaku orang tua sewajarnya kita sangat menikmati waktu-waktu yang kita habiskan bersama anak-anak kita. Sayangnya, dewasa ini  banyak orang tua yang melepaskan pengasuhan anak-anaknya pada baby sitter, pengasuh bayi, asisten rumah tangga, dan atau sebutan lainnya. Yang pada intinya mereka melewatkan moment-moment tumbuh kembang anak yang tak akan bisa terulang  lagi.


Buku ini menyajikan berbagai riset otak yang ternyata membuktikan bahwa dekapan, ayunan, ciuman, dan berbagai kedekatan antara orang tua dan bayi-bayi mereka ternyata berpengaruh besar terhadap perkembangan otak bayi.

Dimana tumbuh kembang otak bayi bisa lebih optimal dengan permainan sederhana yang bisa dilakukan para orang tua sambil menghabiskan waktu bersama bayi mereka. Bahkan dalam permaian yang sangat sederhana sekalipun seperti “Gendong, peluk, aku sayang kamu”.

Permainan “Gendong, peluk, aku sayang kamu” dilakukan dengan menggendong bayi di lengan kita dan diayunkan ke depan dan ke belakang. Sewaktu menimang ucapkanlah kata-kata “gendong, peluk, aku sayang kamu”. Ketika mengucapkan “kamu” ciumlah bagian tubuh si kecil.

Riset menunjukkan bahwa semakin sering bayi dipeluk, dibuai, dan digendong, semakin ia merasa aman dan mandiri apabila tumbuh dewasa nantinya.

Buku ini membagi permainan dalam 4 tahap tumbuh kembang bayi. Dari lahir sampai 3 bulan,  3 hingga 6 bulan, 6 hingga 9 bulan, 9 hingga 12 bulan.


Sebuah buku yang layak baca dan membantu anda menciptakan banyak momen”luar biasa“ dengan buah hati anda.

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -