Posted by : Sara Amijaya Tuesday 22 March 2016

Ada apa sih dengan pasutri zaman ini??? Di daerahku saja,  yang notabene kecamatan di timur Kalimantan (baca:daerah pelosok) angka perceraian meningkat tajam. Konon katanya penyebabnya beragam. Mulai dari pernikahan usia dini yang berefek pada tingkat kematangan pola pikir hingga menjamurnya medsos yang ternyata membuka luas pintu perselingkuhan.

Tapi,  tak bisa dipungkiri pula perceraian itu bisa jadi timbul karena pondasi pernikahan yang memang keropos sejak awal. Bukankah pernikahan itu bukan sekedar legitimasi atas rasa suka dua insan yang dimabuk asmara??? Pernikahan seyogyanya sejak awal sudahlah diniatkan dalam rangka beribadah kepada Sang pemilik cinta sejati.

Anyway,  16 Maret lalu Alhamdulillah berkesempatan menyimak tausyiah ustadz Hawari,  Lc,  M.E.I.

Beliau menyampaikan beberapa tips  Agar Cinta Selalu Bersemi   dalam rumah tangga kita.

1⃣ Luruskan Kembali Niat kita

Niat yang benar sejak awal sangat mempengaruhi vitalitas cinta kita. Ketika kita tulus ikhlas  bercinta dengan pasangan kita maka Alloh akan tunjukkan jalan-jalan meraih bahagia. Coba sejenak tanyakan dengan jujur pada diri kita. Motivasi apa ketika kita menjalin cinta dengan pasang kita? Karena kecantikan,harta dan nasab semata atau karena agamanya?.

Begitu juga seorang wanita ketika menerima pinangan sang laki-laki. Apakah benar motivasi agama yang menjadi standar utama dalam menikah? Memang tidak salah memilih pasangan karena penampilan, harta dan nasab. Namun ingat jangan sampai salah prioritas.

Tidak akan pernah menyesal dan bersedih orang yang menikah karena kesholihan pasangannya. Karena Alloh telah menjelaskan bahwa budak hitam legam namun beriman lebih baik dari pada orang kafir meski mengagumkan pandangan kita. Dan Rosululloh juga mengabarkan keuntungan bagi siapa saja yang memilih pasangan karena agamanya.

Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena nasabnya, karena kecantikannya, karena agamanya. Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya, niscaya kamu beruntung." (HR Bukhori dan Muslim)

Jika saat di awal nikah kita kurang memperhatikan agama pasangan kita. Percayalah ketika kita masing-masing memperbaiki agama kita, Insya Allah   cinta  itu akan bersemi indah kembali.

2⃣ Bentengi Cinta Kita dengan Taqwa

Bagaimana membentengi cinta kita dengan taqwa? 

Tidak lain dan tidak bukan bahwa ketika kita mencintai pasangan kita semata-mata karena Alloh .Begitu juga saat memberi dan melarang semata-mata karena Alloh. 

Jangan sampai kita memberi pasangan kita karena terpaksa. Kita hendaknya paham bahwa cinta kita tidak akan ada maknanya ketika tidak dibingkai dengan ketakwaan.Jika cinta kita dibingkai taqwa maka setiap kita akan berusaha menghadirkan suasana ketakwaan dalam rumah tangga kita. Cinta yang bertaqwa akan mengajak pemiliknya berlomba meraih ridha-Nya. 

Inilah cinta yang meninggikan derajat pemiliknya. Cinta karena taqwa inilah yang menjadikan pemiliknya bersama di akhirat kelak.
فإنك مع من أحببت
“ Sesungguhnya Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.”
(HR.Bukhori dan Muslim)

3⃣ Rawatlah Cinta Anda dengan Setia.

Tanamkan dalam  diri kita bahwa pernikahan adalah amanah yang suci. Amanah yang harus kita jaga dan pertahankan sampai mati. Amanah  yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban disisi illahi. 

Oleh karena itu rawat cinta anda dengan setia. Ibarat tanaman jika dirawat dengan baik maka dia akan tumbuh dengan baik pula. Merawat cinta sangat dibutuhkan kesabaran.Tanpa dirawat cinta akan pudar  bahkan dimakan benalu dan melayu. Cinta yang tidak terawat tidak akan menghasilkan buah takwa. 

Diantara bentuk merawat cinta adalah sikap setia dengan pasangan anda. Jangan hianati cinta pasangan anda dengan selingkuh dan asmara liar. Begitu juga sms, cating, Facebookan serta telpon-telponan dengan sembarang orang. Sungguh aib bagi anda bermesra-mesraan dengan orang yang tidak halal bagi anda.Siapapun dia.

4⃣ Selalu Ingatlah Kebaikan Pasangan Kita.

Sudah sepantasnya bagi pasutri mengingat kebaikan pasangannya. Kita harus sadar bahwa istri kita bukan bidadari yang turun dari langit. Begitu juga seorang istri harus mengerti bahwa suaminya bukanlah malaikat yang sempurna tanpa cacat☘. 

Kekurangan dalam pasangan kita adalah kepastian. Oleh karena itu sebaik-baik pasangan adalah orang yang mampu menjahit dan menambal lubang kekurangan yang ada dalam pasangan kita. Bukankah suami istri itu ibarat pakaian  yang menutup kekurangan dalam tubuh kita?Saudaraku yang dicintai Alloh . Cobalah renungkan  kembali ayat yang agung ini..
هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ
“…Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka…”
 (QS.Albaqoroh[2]:187)
Tak ada gunanya  kita setiap hari menyebut-nyebut kekurangan pasangan kita atau keluarganya. Lupakan dan buang jauh itu semua❗. Mulailah dengan lembaran baru agar cinta  anda bersemi kembali.

5⃣ Jadikan Cinta Ladang Pahala.

Indah sekali  jika cinta kita menjadi ladang pahala. Ya, ladang pahala  yang ditanami pohon-pohon amal sholih dalam keluarga kita. Kemudian pohon tersebut kita jaga dengan harapan kelak kita menuai buahnya di surga-Nya.

Cinta akan menjadi ladang pahala jika pemiliknya menghiasi dengan iman dan takwa. Setiapkali kita berkorban untuk pasangan kita maka dilandasi dengan cinta karena Alloh. Bukan  karena motif dunia.

Cinta yang menjadi ladang pahala adalah cinta ❤ yang disertai ketundukan kepada hukum Alloh bagi pemiliknya. Begitu juga melaksanakan syariat Alloh  dalam keluarga kita.
Semoga Cinta Kita Bersemi Indah…

Beliau pun menekankan bahwa Pernikahan adalah sarana mendidik dan menempa cinta kita. Disinilah kita ditantang untuk membuktikan cinta kita. Bukan sekedar kata manis di bibir kita.
Bukan pula sikap romantis sesaat saja. Namun pengorbanan dan keikhlasan, pengertian dan memaafkan. Begitu juga sikap saling terbuka tuk menuju kelanggengan yang diharapkan.

Memang butuh perjuangan menjaga cinta kita agar senantiasa bersemi indah. Namun yakinlah kesungguhan kita membina cinta kita adalah ibadah yang agung disisi-Nya.

Selamat mengarungi bahtera rumah tangga.Mudah-mudahan setiap desah cinta  kita bernilai ibadah dan berpahala di sisi-Nya. Dan semoga cinta kita selalu bersemi indah.

- Copyright © Sara's Talk - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -